11 Tips Merawat Wajah Setiap Hari Agar Selalu Sehat

11 Tips Merawat Wajah Setiap Hari Agar Selalu Sehat - Perawatan muka pasti harus dikerjakan sesuai macam kulit dan masalahnya. Tetapi saat sebelum membuat skincare routine yang lebih kompleks, kalian harus pahami beberapa dasar langkah menjaga kulit. Konsep perawatan muka yang kalian aplikasikan ini dapat jaga kulit kalian masih bersih, elok dan sehat lepas dari apa saja macam kulit kalian. 

11 Tips Merawat Wajah Setiap Hari Agar Selalu Sehat

11 Tips Merawat Wajah Setiap Hari Agar Selalu Sehat


Disamping itu, perawatan muka setiap hari ini dapat menahan permasalahan kulit yang menjengkelkan seperti kulit kusam, berjerawat, kerutan dan bercak-bercak hitam di muka. Berikut 11 langkah menjaga muka setiap hari supaya terus sehat dan nampak tahan lama muda yang dikumpulkan:

1. Bersihkan Muka dengan Betul

Membersihkan muka secara salah dapat menyebabkan kulit kalian nampak lebih kusam dan berminyak. Supaya waktu membersihkan muka kalian dapat bersihkan muka dengan maksimal yakinkan kalian membersihkan tangan lebih dulu, membersihkan make up dan sunscreen dan gunakan sabun bersihkan muka yang halus dan tidak membuat kulit berasa kering dan diambil. Sesudah membersihkan muka, keringkan dengan menepuk muka secara halus memakai handuk atau kain bersih sampai tersisa air jadi kering. Bersihkan muka kalian minimal 2x satu hari, saat pagi dan malam hari saat sebelum tidur, agar kesehatan wajah kalian terus meningkat dan membaik.

2. Pakai Serum

Serum muka langsung bisa menarget permasalahan kulit yang lebih detil. Misalkan bila kalian pengin menantang hiperpigmentasi dan sisa jerawat dapat pakai serum vitamin C. Sedang untuk bikin muka tahan lama muda kalian dapat pakai retinol atau retinoid.

3. Gunakan Pelembab

Sesudah memakai serum, teruskan dengan memakai pelembab. Seluruh macam kulit harus memakai pelembab, terhitung kulit berminyak. Tentukan pelembab muka yang non-comedogenic supaya tidak menutup pori-pori.

4. Jangan Lupa Sunscreen

Langkah menjaga muka setiap hari yang lain ialah pakai sunscreen waktu melakukan aktivitas di luar ruang. 15 menit saat sebelum keluar dari rumah, pakai sunscreen minimum SPF 30. Paparan cahaya matahari berlebihan dapat mengakibatkan muka cepat kerutan dan tampil bercak-bercak hitam di kulit.

5. Jangan Merokok

Merokok dapat membuat kulit nampak lebih tua dan berkeriput. Tidak itu saja, merokok bisa juga menghancurkan kolagen dan elastin, dua elemen yang berperan pada kelenturan dan kemampuan kulit. Merokok dapat memperkecil pembuluh darah yang berada di susunan luar kulit, hingga kurangi saluran darah dan membuat kulit nampak pucat. Ini bisa juga kurangi suplai oksigen dan gizi yang perlu untuk kesehatan kulit.

6. Menjaga Tingkat Depresi

Depresi yang tidak teratasi dapat membuat kulit bertambah lebih peka sampai tampil jerawat dan permasalahan kulit yang lain. Ini muncul karena depresi tingkatkan produksi hormon kortisol yang dapat membuat kulit bertambah lebih berminyak. Untuk menanganinya, kerjakan usaha manajemen depresi seperti yoga, latihan pernafasan dan meditasi.

7. Jangan Sentuh Muka dengan Tangan

Sentuh muka dengan tangan yang tidak bersih dapat membuat kuman pada tangan beralih ke muka. Mengakibatkan permasalahan kulit dapat bertambah lebih kronis. Untuk menahan kuman dan bakteri beralih, terus bersihkan tangan saat sebelum menggenggam muka.

8. Jangan Tekan Jerawat

Bila muka kalian berjerawat, jangan sesekali menekan untuk keluarkan didalamnya. Menekan jerawat dapat mengakibatkan kotoran dan kuman dari tangan masuk lebih jauh ke dalam kulit dan dapat mengakibatkan infeksi. Jerawat yang dipencet menjadi lebam, kemerahan, cedera bahkan juga cedera bopeng. Bila muka kalian berjerawat, rawat dengan obat jerawat atau tea tree oil.

9. Rajin Tukar Sarung Bantal

Sarung bantal yang jarang-jarang ditukar menjadi tempat bertumpuknya kotoran dan minyak dari sekitar lingkungan. Kotoran, minyak dan keringat ini berawal dari rambut dan kulit kalian, dan dapat beralih kembali pada kulit. Seharusnya tukar atau bersihkan sarung bantal setiap 7-10 hari.

10. Tidur yang Cukup

Waktu kalian tidur malam adalah waktu untuk kulit untuk membenahi dirinya. Bila kalian kekurangan tidur dapat mengakibatkan depresi dan timbulnya hormon kortisol dan adrenalin yang dapat menyebabkan jerawat. Jadi sedapat mungkin tidur sepanjang 7-8 jam tiap malam supaya kulit masih sehat.

11. Makan Makanan Sehat

Langkah menjaga muka dengan alamiah yang lain dengan konsumsi makanan sehat. Makan banyak buah, sayur, beberapa bijian dan daging tiada lemak. Janganlah lupa banyak minum air putih untuk jaga supaya kesehatan kulit tidak dehidrasi.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »