Club Turki Super Lig yang Berawal dari Kota Istanbul yang Dapat Anda Ketahui

Liputan Siang - Club Turki Super Lig yang Berawal dari Kota Istanbul yang Dapat Anda Ketahui, turki adalah negara yang ada di daerah tepian di antara Benua Asia dan Benua Eropa yang beribu kota di Ankara. Tetapi, banyak orang masih memandang Istanbul sebagai ibukota Negara Turki.

Ini mungkin karena Kota Istanbul lebih populer daripada Kota Ankara. Disamping itu, background riwayat yang jadikan Konstatinopel, yang sekarang bertukar nama jadi Istanbul, sebagai ibukota Kekaisaran Romawi jadi argumen kenapa Istanbul lebih terkenal daripada Ankara.

Club Turki Super Lig yang Berawal dari Kota Istanbul yang Dapat Anda Ketahui

Untuk masalah sepak bola, Istanbul adalah kota yang terpopuler dengan tim-tim paling berprestasi yang berada di Turki. Istanbul Derby di antara Galatasaray dan Fenerbahce adalah bukti megahnya Istanbul sebagai kota dengan budaya sepak bola paling kental di Turki. Di Turki Super Lig musim ini, minimal ada 6 club yang dari kota Istanbul. Berikut daftar dan penjelasannya, cek this out!

Club Turki Super Lig yang Berawal dari Kota Istanbul yang Dapat Anda Ketahui

1. Galatasaray

Galatasaray adalah club paling besar dan tersukses di Liga Turki selama ini. Keseluruhan 22 gelar liga dan 1 gelar UEFA Cup sudah sukses mereka capai semenjak berdiri pada 20 Oktober 1905. Club berjulukan Aslanlar ini bertempat di Turk Telekom Fase yang mempunyai kemampuan 52.600 pemirsa.

Selain suksesnya, Galatasaray dikenal juga karena kompetisinya dengan Fenerbahce yang kerap disebutkan dengan Istanbul Derby. Pertandingan di antara Galatasaray dan Fenerbahce ini dipandang jadi salah satunya derby sepak bola terpanas yang berada di dunia. Karena kerap menyediakan permainan keras dan ketat yang diimbangi dengan fanatisme dari penggemar semasing.

2. Fenerbahce

Seterusnya adalah musuh Galatasaray di Istanbul Derby, Fenerbahce. Club yang baru datangkan Mesut Ozil dari Arsenal ini berdiri semenjak 3 Mei 1907 oleh beberapa pemuda lokal yang sebagai wakil kelas karyawan. Fenerbahce yang bertempat di Surku Saracoglu Fase sudah 19 kali rasakan titel juara Liga Turki.

Dalam Istanbul derby yang kerap mereka suguhkan, Fenerbahce lebih merepresentasikan golongan kelas karyawan yang hidupnya lebih simpel. Di lain sisi, Galatasaray lebih merepresentasikan kelas siswa yang ada dalam kelas sosial yang lebih atas. Karena itu, Istanbul derby selalu memberi kompetisi ketat tiap pertemuannya karena ketidaksamaan kelas yang ada didalamnya.

3. Besiktas

Kecuali Galatasaray dan Fenerbahce, Besiktas adalah salah satunya club asal Istanbul paling mencolok di Liga Turki. Ke-3 club ini kerap disebutkan dengan panggilan the big three yang mengarah ke club tersukses yang berada di Liga Turki.

Sejak berdiri pada 3 Maret 1903, Besiktas sudah sukses kumpulkan 15 titel juara Liga Turki. Club berjulukan Kara Kartallar ini dikenal juga mempunyai pemirsa yang fanatik dan dikenali benar-benar bising, baik di kandang mereka di Vodafone Park, atau di sosial media. Penggemar Besiktas kerap mengatakan kalimat "come to besiktas" di sosial media ke pemain yang dihubungkan dengan club kecintaan mereka.

4. Istanbul Basaksehir

Istanbul Basaksehir adalah juara Liga Turki musim 2019/2020. Dengan hal itu, mereka jadi club Istanbul pertama yang sukses raih titel juara di luar anggota the big three. Istanbul Basaksehir pertama dibuat di tahun 1990 bernama Istanbul Buyuksehir Belediyespor. Tetapi, pada 4 Juni 2014, club itu pada akhirnya mengganti nama jadi Istanbul Basaksehir sampai sekarang ini.

Team yang bertempat di Fatih Terim Fase ini dikenali sebagai club yang paling dibenci oleh beberapa penggemar team lain di Turki. Masalahnya club ini penuh akan muatan politik dan dihubung-hubungkan dengan kampanye politik dari Presiden Turki saat ini, Recep Tayyip Erdogan. Tidak itu saja, club ini beritanya diongkosi dan diurusi langsung oleh Kementerian Olahraga Turki yang makin menambah penggemar lain iri pada kelebihan yang didapatkan oleh club satu ini.

5. Kasimpasa

Bila beberapa orang menduga Istanbul Basaksehir ialah club kecintaan Erdogan, jawaban itu salah. Kenyataannya, Recep Tayyip Erdogan ialah fans dari club namanya Kasimpasa yang berada di area Beyoglu, Kota Istanbul.

Kasimpasa tidak pernah jadi juara di kelas paling tinggi liga sepak bola Turki sejak berdiri pada 15 Januari 1921. Club yang mempunyai stadion namanya Recep Tayyip Erdogan Fase ini sekarang ada di posisi ke-15 klassemen sementara Liga Turki sampai minggu ke 24.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »